Optimalkan Diri dengan Olahraga

Assalamu’alaikum sanak saudara sekalian…

Kembali lagi dengan kami 😀 kesempatan kali ini mau membahas mengenai olahraga. Yang suka olahraga mana suaranyaa? Kalo bagi mahasiswa mungkin olahraga merupakan aktivitas yang cukup jarang dilakukan apalagi kalo yang tidak hobi pada salah satu cabang olahraga. Biasanya yang punya niatan lebih untuk kurus yang bisa memaksa beratnya gaya kelembaman dirinya alias melawan ke-mageran-nya untuk berolahraga. Padahal dari suatu hadits menjelaskan bahwa kita harus berhati-hati dengan kesehatan dan waktu luang. Salah satu cara menjaga kesehatan ya dengan olahraga. Lalu gimana sih jika diposisikan dengan kacamata Islam mengenai olahraga itu sendiri?

panah

Rasullullah SAW mengajarkan umatnya untuk hidup sehat. Nabi Muhammad SAW pun suka berolahraga. Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda, ”Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).”(HR Muslim)

Dicuplik dari republika.co.id ; Memanah dan berkuda merupakan dua jenis olahraga yang dianjurkan Nabi SAW kepada umatnya. Kaum Muslim di Surrey, sebuah county di Inggris, mencoba menghidupkan kembali olahraga Rasulullah SAW itu. Jamaah Masjid Shah Jahan di Woking, Surrey diajarkan memanah di aula masjid itu. Selain itu, umat Islam di wilayah itu juga diajarkan menunggang kudu di sebuah kandang kuda yang ada di kota itu.

Untuk tahap awal, belajar memanah dan berkuda dilakukan secara terpisah. Namun, setelah anak-anak muda itu mahir, kedua olahraga yang disunahkan itu akan digabungkan. Ya, mereka akan diajarkan memanah sambil berkuda. Latihan memanah dan berkuda itu diajarkan seminggu sekali. ”Memanah adalah salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah, seperti halnya berkuda,” tutur Shamis. Menurut dia, kedua olahraga itu cukup ampuh untuk mengatasi rasa takut.

Lain halnya yang ada di Indonesia nih tepatnya di Yogyakarta ada juga olahraga memanah yang namanya panahan ala satria mataram. Olahraga ini termasuk olahraga tradisional jawa, memanah dengan teknik jawa lah istilahnya. Jika ada yang mau mencoba, dilansir dari web slemanjogja.com  ada tempat wisata khusus untuk belajar panahan tradisional yang disebut Jemparingan gaya Mataraman. Tempat itu bernama Padepokan Dewandanu, berada di Dusun Karangnongko, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Lokasinya tidak jauh dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta atau berada di kawasan Ringroad Utara Depok Sleman.

Selain memanah dan  berkuda, Rasulullah melakukan banyak olahraga lainnya lho, salah satunya berjalan cepat atau jogging. voa-islam.com menulis, Nabi Muhammad SAW dikenal memiliki kebiasaan berjalan kaki, sebagaimana ditunjukkan sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, dia berkata, “Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan dari Rasulullah; roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan beliau. Tapi beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.” Bahkan Rasulullah tak jarang mengajak istrinya beliau untuk melakukan aktivitas yang menyehatkan tubuh. Rasulullah pernah mengajak istrinya, Aisyah, untuk berlomba dengan beliau. Aisyah mengisahkan, “Aku pernah bersama Rasulullah SAW dalam suatu perjalanan, saat itu tubuhku masih ramping. Beliau lalu berkata kepada para sahabat beliau, ”Silakan kalian berjalan duluan!”

Manfaat jogging juga banyak diteliti oleh kalangan akademisi. Penelitian dari University of South Carolina, menemukan bahwa dengan olahraga, tredmill misalnya, bisa memberikan dorngan untuk memperkuat sel-sel di otak. Ketua tim penelitinya, Dr Mark Davis mengatakan ini membantu meningkatkan energi otak untuk bekerja lebih cepat dan lebih efisien. “Bukti itu menumpuk cepat sehingga latihan membuat otak lebih muda,” katanya seperti dilansir dari dailymail. Dalam jangka pendek, berlari teratur selama 30 menit setiap hari, bisa mengurangi kelelahan mental dan mempertajam pemikiran Anda di antara sesi olahraga. Bahkan, bisa menyembuhkan penyakit otak seperti Alzheimer.

Wallahu’alam.. Semangat berolahraga~ maksimalkan waktu luangmu agar hidup lebih sehat, optimal, dan bahagia :3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s